Semua Hal Mengenai Tembaga yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Mungkin selama ini kamu pernah mendengar tentang tembaga sebagai salah satu jenis logam, tetapi sama sekali tidak mengetahui bentuk, rupa, fungsi, atau bahkan harga kawat tembaga. Tembaga adalah salah satu jenis logam kemerahan yang memiliki struktur kristal kubik dengan tekstur yang lebih lembut daripada seng, jumlahnya pun cukup banyak di bumi kita dan mineral terbanyak ketiga di dalam tubuh manusia.

Pada tabel periodik, tembaga adalah elemen ke 29, logam transisi yang memiliki reaktivitas kimia tergolong rendah. Jika tembaga diletakkan pada udara yang cenderung lembap, selaput permukaan berwarna hijau bernama patina akan muncul secara pelan-pelan untuk melindungi logam tersebut.

Untuk bisa mendapatkan tembaga, ada proses kimia yang harus dilakukan, dikenal dengan nama flotasi atau pengapungan busa. Teknik ini bertujuan untuk memekatkan bijih tembaga yang telah dihasilkan dari penambangan. Setelah melalui Teknik flotasi, dilakukan proses pemanggangan dan pencetakan sehingga menghasilkan tembaga yang siap digunakan.

Karena sifat tembaga yang mudah ditempa, logam ini cocok dimanfaatkan sebagai salah satu konduktor listrik dan panas. Bahkan manfaat utama yang sering ditemukan dari logam tembaga ini adalah penggunaannya sebagai kabel penyambung listrik antar rumah atau bahkan di baling-baling kapal. Manfaat penggunaan tembaga yang paling umum adalah pembuatan barang-barang yang digunakan pada dunia kelistrikan dan panas.

Fungsi lain atau penggunaan lainnya dari tembaga adalah penggunaan dekoratif, yakni digunakan pada perlengkapan rumah seperti kenop pintu, meja, kunci, keran, engsel, hingga perlengkapan kamar mandi. Bahkan pada rumah sakit dan fasilitas medis lainnya, tembaga banyak digunakan karena sifatnya yang bakteriostatik.

Lebih lanjut lagi, tembaga juga digunakan sebagai bahan pembuat peralatan transportasi, mulai dari mobil hingga kapal dan pesawat. Penggunaan tembaga pada mobil adalah radiator tembaga dan kuningan, sistem navigasi on-board, kursi berpemanas, sistem pengereman anti lock, kabel sistem defrost, sekrup dan berbagai perlengkapan pengencang, sistem hidrolik, bantalan perunggu, dan pengkabelan pada sistem kontrol jendela dan cermin.

Baca Juga:   Yuk, Kenali Knalpot Yoshimura Ori untuk Motor Kesayanganmu

Faktanya, rata-rata mobil listrik mengandung tembaga hingga 25 kg loh! Banyak yah!

Asosiasi Pengembangan Tembaga (CDA) sendiri telah mengategorikan pemanfaatan logam tembaga pada empat sektor, yakni kelistrikan, konstruksi, transportasi, dan sektor lainnya. Adapun presentasi penggunaannya yakni kelistrikan sebesar 65%, konstruksi sebesar 25%, transportasi sebesar 7%, dan pada sektor lain sebesar 3%.

Tembaga juga bisa dipadukan dengan logam lainnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan loh!

Hingga saat ini, penggunaan tembaga terus bertambah sesuai dengan kebutuhan manusia yang terus berkembang. Pada sektor lainnya, tembaga biasa digunakan sebagai

  • Peralatan memasak

Sifat termalnya yang mampu menghantarkan panas membuatnya ideal untuk membuat panci dan wajan.

  • Jam dinding juga arloji

Sifatnya yang non magnetik, membuat tembaga menjadi logam yang tidak mengganggu pengoperasian jam dinding dan arloji.

  • Seni

Patung Liberty dibuat dengan pelapisan lembaran tembaga hingga 80 ton hingga menghasilkan warna patina hijau.

  • Koin

Pada tahun 80-an, koin yang dibuat 95%-nya berasal dari tembaga, sedangkan saat ini hanya 0,8—2,5% saja.

  • Alat musik

Paduan tembaga dan kuningan dipakai untuk membuat trompet, saksofon, dan trombon. Penggunaan tembaga pada alat musik karena sifatnya yang tahan karat dan anti bakteri.

  • Pewarna

Tembaga CuSO4 biasa digunakan sebagai pewarna biru.

  • Perhiasan

Banyak perhiasan yang dibuat dengan campuran tembaga dan emas. Perhiasan dari campuran ini harganya lebih terjangkau.

  • Pembuatan sutera

Tembaga pada pembuatan sutera akan dicampurkan senyawa NH4OH.

  • Pestisida

Penggunaan pestisida dicampurkan dengan tembaga dan Ca(OH)2 sehingga mampu membunuh hama dan serangga.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kawat tembaga bisa kamu cek di https://www.bukalapak.com/trend/kawat-tembaga.