Categories
Tips

Nikmatnya Soto Betawi Buatan Sendiri, Begini Cara Membuatnya!

Soto Betawi adalah salah satu masakan yang populer di daerah Jakarta, seperti soto Lamongan dan soto Madura. Umumnya masakan soto, soto Betawi juga menggunakan beragam jenis daging sebagai bahan dasar utama, seperti jeroan. Selain itu, soto Betawi ada juga yang menggunakan mata, torpedo, atau hati. Daging sapi bisa dikatakan hanya sebagai campuran dalam soto Betawi. Isian soto tersebut kemudian terendam di kuah soto Betawi yang khas: campuran santan dengan susu.

Bisa dibayangkan bagaimana soto Betawi disajikan dengan asap yang masih mengepul? Gurih santannya ketika tercecap di lidah, hangatnya kuah ketika membasahi tenggorokan, lunaknya daging/jeroan ketika dikunyah, ditambah lagi emping yang ikut berendam di dalam kuah kerap memberikan sensasi beda dibanding dengan kebiasaan makan emping pada umumnya. Lalu, semua itu akan terhidang ketika hari sedang hujan. Alamak. Mari kita coba resep soto betawi, simak bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat masakan lezat tersebut.

Bagi kamu yang ingin membuat soto betawi sendiri, siapkan aneka macam jeroan seperti paru, babat, dan usus. Tidak perlu banyak, siapkan saja masing-masing dari tiga bahan tersebut seberat setengah kilo. Siapkan juga seperempat kilo daging sapi sebagai campuran, soto betawi dengan campuran daging sapi akan lebih lezat, bukan?

Setelah menyiapkan bahan utama, siapkan bahan-bahan untuk kuah, yakni santan kental sebanyak lima ratus mili. Ini bisa didapat dengan membeli dari penjual kelapa asli atau membeli santan saset Kara. Siapkan juga air satu liter sebagai calon kuah yang akan merendam jeroan/daging tadi.

Untuk bumbu soto, gunakan rempah-rempah terbaik. Di pasar tradisional atau tukang sayur yang sering keliling kompleks pasti tersedia. Bilang saja pada pedagangnya, “mau bikin soto Betawi” beli: serai tiga batang, lengkuas (sebelum masak, geprek agar pipih) sebanyak tiga ruas jari, kayu manis sepanjang tiga senti, tiga lembar daun salam, lima lembar daun jeruk, dan tiga buah cengkeh. Selain itu, siapkan juga garam sebanyak satu sendok makan, setengah sendok teh gula, setengah sendok teh merica, dan lima sendok makan minyak goreng (untuk menumis bumbu).

Soto Betawi yang enak adalah soto yang isinya tidak cuma daging dan jeroan, tapi juga ada sayur-sayuran. Maka dari itu, siapkan kentang, tomat, daun bawang, bawang goreng, dan emping goreng. Untuk mengolah itu semua menjadi lezat, perlu disiapkan juga bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, jintan, ketumbar dan pala. Bilang saja ke tukang bumbu di pasar kalau kamu ingin membuat soto Betawi, pasti disiapkan.

Nikmatnya Soto Betawi Buatan Sendiri, Begini Cara Membuatnya!

Bahan-bahan sudah disiapkan, mari simak bagaimana cara membuat soto betawi dengan baik dan benar.

Rebus daging dan jeroan sampai empuk, sebisa mungkin lakukan dalam panci terpisah agar menghindari bau yang berasal dari jeroan. Setelahnya, potong-potong daging dan jeroan sesuai selera, buang air rebusan, ganti dengan air baru, masukan jeroan ke dalam panci dan rebus lagi sampai mendidih (daging tidak perlu).

Kemudian, panaskan minyak untuk menumis bumbu. Setelah matang dan tercium harum, angkat dan masukan ke dalam rebusan air yang telah mendidih, aduklah sampai merata. Sehabis itu, masukanlah jeroan dan rempah-rempah, lalu aduk lagi sampai merata. Setelah diaduk, bumbui dengan garam, gula, dan merica, jangan lupa untuk diaduk lagi. Lalu, masukan santan kental ke dalam rebusan itu semua, usahakan sampai larut, jangan sampai menggumpal.

Siapkan tomat, kentang, dan daging yang telah direbus dan dipotong-potong di dalam mangkuk, jangan lupa sertakan daun bawang dan siramlah dengan kuah soto yang telah dibuat. Taburkan juga bawang goreng di atasnya. Di samping itu, jangan lupakan emping, makanan wajib untuk dihidangkan dengan soto.

Soto Betawi siap disantap. Silakan dicoba. Ingat kolesterol, jangan kebanyakan, ya.