Menggunakan Masker Berbahan Alami, Begini Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat!

Salah satu cara menghilangkan komedo yang paling umum digunakan adalah penggunaan masker wajah. Meski begitu, penggunaan masker untuk menghilangkan komedo sering kali memiliki efek samping terhadap kulit wajah yang sensitif. Efek sampingnya bisa bermacam-macam, mulai dari iritasi, gatal-gatal, kulit kering, hingga kulit kering. Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif, mungkin masker dari bahan alami bisa menjadi cara menghilangkan komedo dengan cepat. Cara menghilangkan komedo dengan masker berbahan dasar alami juga dianggap sebagai solusi untuk menghilangkan komedo tanpa menimbulkan efek samping.

Menggunakan Masker Berbahan Alami, Begini Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat!

  1. Masker Spirulina

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo adalah spirulina atau ganggang biru laut. Spirulina mengandung zat yang bermanfaat untuk wajah, seperti  beta karotin, vitamin B, mineral, vitamin C, dan vitamin E. Penggunaan masker spirulina juga mampu mengangkat toksin dalam tubuh serta mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah.

Cara pembuatan masker ini juga sangat mudah dan praktis tergantung pada jenis kulit. Jenis kulit wajah yang berbeda tentu saja membutuhkan perawatan yang berbeda. Berikut bahan-bahan tambahan yang akan dicampur dengan masker spirulina sesuai dengan jenis kulit!

  • Untuk kulit kering, campurkan 1 sampai 2 kapsul spirulina dengan buah alpukat yang sudah dihancurkan.
  • Jenis kulit wajah normal, campurkan 1 sampai 2 kapsul spirulina dengan wortel parut dan satu sendok makan susu.
  • Sedangkan untuk jenis kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, campurkan 1 sampai 2 kapsul spirulina dengan satu sendok teh perasan jeruk lemon dan satu sendok teh madu.

Pastikan semua bahan sudah tercampur merata, diamkan beberapa saat sebelum digunakan. Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan air hangat untuk membersihkan debu-debu dan sisa make up yang kita pakai sebelum memakai masker. Oleskan masker yang sesuai pada permukaan wajah secara merata, lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit sampai mengeras. Setelah itu bilas dengan menggunakan air, lalu keringkan dengan handuk atau kain lembut.

  1. Masker Baby oil dan yoghurt

Yoghurt dipercaya bermanfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit agar terlihat bersih dan kenyal. Yoghurt juga mampu memperlancar sirkulasi oksigen pada bagian epidermis kulit. Untuk itu, penggunaan yoghurt dan baby oil secara bersamaan dapat menjadikan kulit bersih dari komedo dan tampak lebih cerah.

Baca Juga:   Merek Make Up Lokal yang Berkualitas

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan baby oil dan yoghurt cukup mudah. Siapkan baby oil sebanyak 10-20 ml dan yoghurt tanpa rasa sebanyak 2-4 sendok makan. Lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Setelah itu oleskan pada wajah secara menyeluruh dan diamkan beberapa saat (15-20 menit) agar kandungan dalam baby oil dan yoghurt terserap ke dalam kulit. Bersihkan wajah dengan menggunakan tisu dan biarkan sisa-sisa campuran kedua bahan untuk memudahkan keluarnya komedo.

Setelah itu kamu bisa memijat wajah secara perlahan. Lalu keluarkan komedo menggunakan kapas steril atau alat penghilang komedo. Setelah komedo keluar, bilas dan bersihkan wajah menggunakan air dingin hingga bersih agar pori-pori hidungmu kembali mengecil.

Mudah bukan? Di antara dua cara menghilangkan komedo secara alami di atas, mana yang menjadi pilihanmu? Jangan lupa pastikan kamu selalu menjaga kebersihan wajah ya agar komedo tidak kembali datang hinggap di wajahmu yah!