Ragam Gejala Tipes yang Harus Kamu ketahui!

Penyakit tipes yang umum terjadi memiliki gejala tipes yang bermacam-macam. Tipes atau demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi yang gejala utamanya adalah demam tinggi. Pada beberapa kasus pasien, gejala demam ini tak muncul dikarenakan tertutupi dengan gejala tipes lain yang lebih dominan. Kondisi ini dengan catatan yakni berdasarkan pada situasi dan kondisi masing-masing pasien.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini!

  • Demam hingga ruam

Gejala demam pada penyakit demam tifoid merupakan gejala yang umumnya muncul. Demam pada penyakit ini akan terjadi selama beberapa hari disertai dengan peningkatan suhu hingga 40 derajat Celsius.

gejala tipes 01

Karena demam tinggi yang dialami tubuh tersebut, biasanya kulit akan bereaksi dengan muncul ruam-ruam dengan bintik-bintik merah intensitas sedang di daerah leher sebagai penyertanya. Biasanya setelah demam turun ataupun hilang, ruam-ruam tersebut akan hilang dengan sendirinya.

  • Gejala lainnya

Selain demam tinggi, penyakit tipes juga ditandai dengan gejala lainnya. Beberapa gejala lain yang patut untuk diwaspadai antara lain adalah diare, muntah-muntah, sakit perut, sembelit, sakit kepala dan nyeri otot. Pada anak kecil, gejala tipes pada anak biasanya ditandai juga dengan kehilangan nafsu makan secara drastis.

Jika kamu mengalami beberapa gejala di atas sekaligus, kamu harus mengupayakan agar segera mendapat pertolongan dokter karena kemungkinan kamu terkena tipes. Hal yang harus kamu ingat di sini adalah, pertolongan yang cepat dilakukan akan membuat penyakitmu cepat sembuhnya

  • Penyebab penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit tipes disebabkan oleh bakteri. Adapun cara penyebaran bakteri ini adalah melalui kontak langsung dengan kotoran orang yang terinfeksi. Sebagai catatan, penyakit ini tidak dapat ditularkan oleh hewan, sehingga sudah pasti manusia ke manusialah cara penularannya.

Baca Juga:   Acara Televisi Yang Bermanfaat

Penyakit tipes paling sering paling sering ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri. Biasanya, hal ini karena kurangnya kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi atau dibeli dari suatu tempat tertentu.

Bakteri penyebab tipes yang masuk ke dalam tubuh akan bertahan hingga 3 minggu di dalam usus. Setelah berhasil masuk ke dalam aliran darah, bakteri akan menyebar ke jaringan lain dan membuat sistem imun tubuh tidak dapat melawan bakteri tersebut. Oleh sebab itu bagi seseorang yang telah terkena tipes, maka wajib hukumnya untuk melakukan pengobatan.

  • Pengobatan penyakit

Gejala tipes yang beraneka ragam tersebut tentunya memerlukan pengobatan yang serius. Biasanya, dokter di awal akan memberikan antibiotik agar demam yang muncul bisa berangsur-angsur pulih. Selain antibiotik untuk penyakit tipes, kamu juga akan diberikan vitamin dan beberapa obat-obatan penyerta jika memang gejala lain yang kamu rasakan terlalu berat.

gejala tipes

Untuk antibiotiknya sendiri, ada beberapa jenis yang perlu kamu tahu. Beberapa diantaranya adalah Ciprofloxacin (Cipro), Azitromisin, dan Ceftriaxone. Untuk Ciprofloxacin (Cipro) sendiri, jenis antibiotic ini ditujukan untuk orang dewasa yang tidak hamil.

Jenis obat kedua adalah Azitromisin. Antibiotik ini merupakan obat lanjutan jikalau seseorang tidak dapat mengonsumsi ciprofloxacin. Dan terakhir adalah Ceftriaxone. Antibiotik ini adalah obat dengan bentuk cairan yang dikonsumsi dengan cara disuntikkan.

Selain mengonsumsi antibiotik, kamu juga disarankan untuk banyak minum air putih minimal 2 liter tiap harinya. Hal ini untuk menghindarkan kamu dari dehidrasi dan mempercepat proses penyembuhan penyakit tipesmu.