Ketahui Zat-Zat Berbahaya dalam Chicken Nugget

Chicken Nugget Paling Enak

Bukan rahasia lagi bahwa chicken nugget adalah masakan rumahan paling praktis. Akan tetapi, banyak desas-desus tentang nugget yang banyak beredar. Ini dimulai dari pertama kali makanan itu populer. Sedihnya, beberapa kisah-kisah tersebut tidak keliru. Jadi sebelum membaca, seluruh tulisan ini persiapkan juga diri kamu mengetahui hal-hal kurang mengenakan. Jika tidak menginginkannya, baca di sini soal informasi-informasi lumrah soal chicken nugget.

Chicken nugget populer di Amerika pada 1980-an. Saat itu, siapa pun yang memakannya kemudian tahu nugget tidak selalu dibuat dengan daging segar. Ada saja konsumen menemukan daging abu-abu berair, yang mungkin menjadi alasan sebagian orang untuk mengkonsumsi chicken nugget. Ada yang bilang nugget asli dibuat dari ayam yang terlalu tua dan sudah tidak dalam usia produktif. Pada dasarnya, itu adalah cara menghasilkan keuntungan besar dari kuliner berbahan unggas.

Sekitar tahun 2003, McDonald’s mulai menggunakan ayam yang lebih muda, dan itu diikuti oleh produsen nugget-nugget lain. Rasanya semakin memikat. Tetapi, bagaimana bisa rasa dari bahan yang berbeda tidak banyak berubah. Meskipun tidak lagi berasal dari ayam tua yang menjadi daging abu-abu, daging ayam segar yang jadi bahan utama digiling menjadi bubur. Ini kemudian dilakukan ke berbagai bentuk nugget yang populer. Tapi jangan berpikir itu semua berasal dari ayam.

Chicken Nugget

Meskipun disebut chicken nugget, tidak semua berasal dari daging ayam, tidak peduli dari mana rantai makanan mereka berasal. Beberapa penelitian mengatakan nugget saat itu terdiri dari sebagian besar lemak dari 40 bahan lainnya. Agar adil, sebagian besar bahan-bahan itu adalah hal-hal yang ditemukan di toko bahan makanan biasa, seperti paprika, tepung jagung, berbagai minyak, dan soda kue. Tetapi beberapa bahan mengarah jauh tidak berasal dari lemari dapur.

Selain lemak dan rempah-rempah, nugget ayam juga mengandung beberapa bahan tak terduga. Nugget juga mengandung: tulang muda, fragmen tulang, jaringan usus, dan pembuluh darah. Dan itu tidak cukup untuk membuat lidah mendecap, sehingga bahan-bahan lain juga bisa dilemparkan ke sana. Di samping itu, nugget juga mengandung komponen yang biasanya hanya ditemukan di universitas dan laboratorium kimia profesional. Bahan kimia seperti monocalcium fosfat, dekstrosa, dan minyak kedelai terhidrogenasi semuanya digunakan untuk pembuatan nugget ayam. Sebagian besar nama-nama ini muncul pada kaleng soda, kantong keripik kentang, atau label makanan lainnya. Sebagian besar merek mengandung bahan-bahan ini. Namun, betapa mengganggu ketika mengetahui fungsinya.

Sodium fosfat adalah istilah mewah yang berarti “garam.” Ini juga merupakan istilah umum untuk setidaknya 20 bahan kimia. Fosfat ini populer dalam produksi makanan karena bertindak sebagai ragi dalam makanan yang dipanggang dan membantu mengendalikan keseimbangan pH makanan olahan. Selain itu, fosfat juga digunakan untuk mengobati sembelit, waw. Tetapi yang terburuk dari semuanya, dalam jumlah besar, fosfat “apat menyebabkan kerusakan ginjal yang serius dan mungkin kematian.

Zat-zat lain juga ditemukan, permen xanthan biasanya berfungsi sebagai zat pengental dan pengemulsi dalam makanan olahan. Ini juga digunakan sebagai pelumas oleh industri pengeboran minyak, dan betapa menggelikan ketika itu rasanya enak. Untuk sebagian besar, permen karet xanthan hanya muncul dalam makanan dalam jumlah kecil, sekitar 0,1% dari seluruh item paling banyak. Jika digunakan dengan porsi besar, dapat menyebabkan hal-hal seperti kembung usus, diare, dan necrotising enterocolitis. Dan karena ini adalah pengawet yang meresap, kebanyakan orang mungkin sering mengkonsumsinya sepanjang hari.

Chicken Nugget Paling Enak

Siapa pun yang pernah berkunjung ke sebuah peternakan tahu bahwa ayam bukanlah hewan terbersih. Ayam buang air besar di mana-mana, dan biasanya tidak dibersihkan. Kontaminasi kotoran ayam sangat umum terjadi pada produk ayam di toko bahan makanan. Dan jika itu umum di toko-toko kelontong, begitu juga di makanan-makanan cepat saji.

Namun, jangan biarkan semua kegemaran pada nugget ayam hilang. Tetap ada chicken nugget paling enak yang juga sehat dikonsumsi. Hanya negara-negara dengan industri kuliner raksasa yang biasa menggunakan bahan-bahan seperti itu untuk produk mereka.

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Mudah dan Anti Gagal

Lebaran sebentar lagi ~ Ketupat menjadi salah satu hidangan wajib yang disajikan saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri. Meski terlihat sederhana, cara membuat ketupat tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan keterampilan dan kesabaran untuk bisa membuat ketupat yang sempurna dan tanak. Cara membuat ketupat yang salah bisa menyebabkan ketupat yang dibuat cepat basi dan berlendir sehingga terbuang percuma.

Kesalahan ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya saja salah menghitung takaran bahan-bahan yang digunakan, salah langkah pembuatan, atau pun salah proses pemasakan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pilih anyaman ketupat yang segar

Jika Anda tidak cukup rajin untuk membuat anyaman ketupat sendiri yang berasal dari daun kelapa, Anda bisa membeli anyaman ketupat yang sudah jadi. Biasanya di pasar-pasar tersedia anyaman ketupat jenis ini. Anda jadi tidak perlu repot menganyam sendiri. Namun Anda harus memastikan anyaman ketupat yang Anda pilih warnanya masih hijau segar. Daun kelapa yang berwarna hijau segar berasal dari pohon kelapa yang masih muda sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah bocor dibandingkan dengan daun kelapa yang lebih tua.

  1. Pilih beras yang pulen

Pemilihan beras yang tepat adalah kunci utama mendapatkan hasil pembuatan ketupat yang lembut dan tidak keras ketika dimakan. Beras yang berkualitas dan pulen mampu dimasak menjadi ketupat yang enak dan lembut. Jangan gunakan beras impor yang berasal dari Thailand karena akan keras hasilnya. Jangan juga gunakan beras impor yang berasal dari Jepang atau Korea karena akan terlalu lembek ketika dimakan.

  1. Gunakan bumbu pelengkap

Agar ketupat yang dihasilkan lebih gurih, jangan lupa tambahkan bumbu pelengkap semisal garam, daun pandan, irisan bawang putih, atau lada. Anda tidak perlu membubuhkannya terlalu banyak.

  1. Jangan isi ketupat penuh

Saat memasukkan beras ke dalam anyaman ketupat, jangan mengisinya hingga penuh. Cukup setengah bagian saja karena pada proses pemasakan beras akan mengembang dan mengisi ruang yang kosong pada anyaman ketupat.

  1. Gunakan panci yang tepat

Gunakan panci stainless steel dengan ukuran yang lumayan besar agar bisa merendam ketupat secara keseluruhan. Hal ini memungkinkan ketupat matang dalam keadaan yang merata.

  1. Pastikan air cukup

Pastikan jumlah air yang digunakan cukup sehingga air tidak surut karena proses pemasakan yang membutuhkan waktu lama. Untuk mengantisipasi hal ini, cek kondisi air setiap 15 menit sekali, jika dirasa surut, tambahkan air hangat sampai ketupat kembali terendam seluruhnya.

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Mudah dan Anti Gagal

Bahan yang harus disiapkan:

  • Beras sesuai dengan jumlah yang diinginkan
  • Air matang
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan (3 helai)
  • Bungkus ketupat yang sudah jadi

Cara membuat ketupat:

  1. Cuci beras dengan air mengalir sebanyak tiga kali, lalu masukkan beras pada baskom berukuran sedang.
  2. Rendam beras dengan air bersih selama 10 sampai 15 menit.
  3. Taburkan garam atau bumbu penyedap secukupnya lalu aduk hingga rata, diamkan beberapa saat.
  4. Setelah garam atau bumbu penyedap meresap, buang air rendaman pada beras lalu dan tiriskan hingga tidak ada air tersisa.
  5. Setelah beras kering, masukkan ke dalam anyaman ketupat, isi setengahnya saja, jangan sampai penuh.
  6. Rebus air sampai setengah mendidih, lalu masukkan ketupat sampai benar-benar terendam bersama potongan daun pandan. Daun pandan akan memberikan rasa gurih dan menciptakan wangi yang mengundang selera!
  7. Masak dengan api sedang dan tunggu 4 sampai 5 jam.
  8. Angkat ketupat lalu celupkan ke dalam air dingin selama beberapa menit.
  9. Tiriskan dengan cara digantung.
  10. Ketupat siap dihidangkan bersama lauk lainnya.

Cara membuat ketupat lainnya bisa kamu baca di sini.

Membuat Banoffee Pie di Rumah? Siapa Takut!

Bagi kamu penggemar dessert, Banoffee Pie mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Di beberapa cake and bakery shop, pie jenis ini bisa ditemui. Banoffee Pie sendiri sebenarnya adalah makanan penutup yang berasal dari Inggris. Dessert ini terbuat dari pisang, krim, dan gula. Penamaan Banoffee Pie diambil dari perpaduan banana dan toffee. Apa sih toffee? Toffee adalah saus yang terbuat dari susu kental manis atau gula yang dibuat sedemikian rupa hingga berbentuk karamel.

Banoffee pie ini dibuat pertama kali oleh Ian Downing dan Nigel Mackenzie. Mereka adalah chef dari Restoran The Hungry Monk yang berada di Jevington. Namun ada juga yang mengatakan kalau Banoffee pie sudah berkembang sejak tahun 1972 dan terinspirasi dari makanan penutup asal Amerika. Adapun dessert yang dimaksud adalah Blum’s Coffee Toffee Pie, yakni hidangan penutup yang terdiri dari gula-gula lembut di atas krim kopi.

Banofee pie ini popular lantaran termasuk dalam dessert yang no-bake pie, alias tidak perlu dipanggang. Penyajiannya pun setelah didinginkan di dalam kulkas atau lemari es. Rasanya yang gurih karena paduan biskuit susu, caramel toffee, whipped cream, dan pisang, membuat makanan ini semakin digemari.

Kalau kamu bosan dengan dessert yang itu-itu saja, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Dengan bahan-bahan sederhana, kamu bisa mendapatkan banoffee pie dengan cita rasa istimewa. Ikuti terus artikel di bawah ini untuk mengetahui berbagai resep Banoffee Pie yang bisa kamu buat di rumah yah!

Membuat Banoffee Pie di Rumah? Siapa Takut!

  1. Banoffee Pie Biskuit (untuk 12 gelas)

Bahan-bahan yang dipersiapkan

  • 3 buah pisang, lebih baik jenis cavendish, iris bulat-bulat
  • 250 gram biskuit susu, haluskan
  • 120 gram mentega tawar, lelehkan
  • 250 ml krim kental/ heavy cream, kocok secara kaku

Saus karamel:

  • 150 gram gula pasir berbutir halus
  • 150 ml krim kental/ heavy cream
  • 100 gram mentega tawar
  • 2 sdm sirup jagung

Topping:

Wafer cokelat karamel, cincang halus

Cara Membuat Banoffee Pie Biskuit:

  • Aduk rata biskuit yang telah dihaluskan bersamaan dengan mentega tawar.
  • Masukkan adonan biskuit dan mentega ke dalam 12 buah gelas saji (dengan ukuran gelas 140 ml). Tekan hingga padat, lalu diamkan di dalam lemari es kurang lebih 30 menit.
  • Untuk membuat saus caramel, lelehkan gula dan sirup jagung di atas api kecil sampai menjadi karamel.
  • Matikan api, lalu masukkan mentega dank rim kental. Panaskan kembali adonan saos dengan menggunakan api kecil sambil diaduk rata hingga mengental. Setelah itu angkat dan dinginkan.
  • Tuang masing-masing 1,5 sdm saus karamel ke dalam tiap gelas saji.
  • Tata potongan pisang di atasnya, lalu tutup dengan krim kental.
  • Simpan dalam lemari es atau kulkas hingga padat (kurang lebih selama 45 menit)
  • Sebelum disajikan, jangan lupa beri topping. Sajikan selagi masih dingin.

 

  1. Banoffee Pie Oreo Regal

Bahan-bahan yang dipersiapkan

  • 1 bungkus oreo
  • 1 bungkus biskuit regal
  • 4 buah pisang
  • 200 gram whipped cream

Saus karamel:

  • Sejumput garam
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sdm kental manis
  • 50 gram margarin

Cara membuat Banoffee Pie Oreo Regal

  • Hancurkan oreo hingga halus.
  • Hancurkan biskuit regal juga sampai halus.
  • Potong pisang bulat-bulat atau sesuai selera, sisihkan.
  • Mixer whipped crem ditambah campuran air dingin secukupnya hingga mengembang dan menjadi ringan.
  • Panaskan teflon, lalu masukan gula dan biarkan hingga meleleh, jangan sampai gosong.
  • Tambahkan margarin ke dalam gula yang sedang dipanaskan dan aduk hingga rata.
  • Tuang kental manis, lalu aduk lagi hingga tercampur rata. Matikan kompor, biarkan hingga dingin.
  • Ambil gelas saji, masukkan setengah oreo yang sudah hancur ke dasar gelas. Padatkan.
  • Tuang caramel di atasnya, lalu tuang krim di atas karamel.
  • Campurkan oreo dan regal yang sudah dihaluskan, masukkan di atas karamel.
  • Tata pisang di atas campuran oreo dan regal. Masukkan karamel lalu krim di atasnya.
  • Masukkan banoffee ke dalam kulkas hingga dingin. Sajikan kurang lebih 45 menit setelah didinginkan.

Mudah bukan Resep Banoffee Pie di atas? Tunggu apa lagi, yuk buat!

Jenis Jamu Khas Indonesia yang Jadi Andalan untuk Menjaga Kesehatan

Jamu 1

 

Jamu 1

Siapa yang tidak mengenal jamu? Obat tradisional khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami ini sudah termasyhur bahkan hingga keluar negeri. Dengan menggunakan akar-akaran, dedaunan, kulit, batang, dan buah yang diracik sedemikian rupa hingga akhirnya tercipta berbagai jenis jamu sebagai obat herbal yang mampu menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Meskipun saat ini sudah zaman modern, namun jamu tetap tidak pernah kalah dari obat-obatan yang diracik oleh apoteker. Selain lebih alami, dengan mengonsumsi jamu juga berarti kita telah menjaga tradisi dan budaya Indonesia yang diturunkan secara turun-temurun oleh para nenek moyang.

Jamu juga memiliki rasa dan aroma yang unik. Ada jamu yang rasanya asam, manis, dan bahkan pahit. Aroma rempah-rempahnya sangat kuat karena memang terdiri dari berbagai racikan rempah. Khasiat jamu bisa untuk berbagai masalah kesehatan seperti menyembuhkan pegal linu, memperlancar haid, menjaga stamina, membantu melangsingkan tubuh, dan lain-lain. Nah, berikut ini beberapa jenis jamu khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jenis Jamu Khas Indonesia yang Jadi Andalan untuk Menjaga Kesehatan

Jamu 2

  1. Jamu Kunyit Asam

Jamu ini terdiri dari campuran kunyit dan asam yang memiliki rasa unik. Jamu kunyit asam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga membuat kulit lebih cerah dan sehat. Manfaat lainnya dari jamu kunyit asam ini yaitu mampu menjadi penawar racun karena menetralisir racun kemudian membuangnya dalam bentuk urine dan keringat. Bagi Anda yang sering bekerja di lapangan atau berhubungan dengan fisik berat, Anda sebaiknya rutin mengonsumsi jamu kunyit asam karena jamu ini mampu mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan.

  1. Jamu Jahe

Jahe memang salah satu rempah yang multifungsi. Selain digunakan untuk berbagai masakan, jahe juga digunakan sebagai jamu yang berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari jamu jahe yaitu mencegah mual bagi ibu hamil, mengatasi radang sendi, nyeri menstruasi, mual dan muntah setelah operasi, dan lain-lain.

  1. Jamu Beras Kencur

Jamur beras kencur sepertinya merupakan jenis jamu gendong yang cukup sering ditemukan di pasaran. Bagi ibu-ibu yang memiliki anak susah makan, Anda bisa memberikan jamu beras kencur secara rutin pada anak untuk meningkatkan nafsu makan. Kemudian khasiat jamu beras kencur lainnya yaitu untuk meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual.

  1. Jamu Temu lawak

Sama halnya dengan jamu beras kencur, jamu temu lawak juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, kita sering menemukan kandungan temu lawak di berbagai suplemen penambah nafsu makan bagi anak. Selain meningkatkan nafsu makan, jamu temu lawak memiliki manfaat kesehatan lainnya khususnya bagi kesehatan pencernaan karena dapat mengobati gangguan pencernaan, mempengaruhi metabolisme lemak, dan mengatasi kram perut saat haid. Bahkan konon jamu temu lawak ini juga dapat membantu pengobatan kanker lho!

 

  1. Jamu Brotowali

Bagi penderita diabetes, mungkin tidak asing dengan nama jamu brotowali. Jamu brotowali memang memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Selain mengobati diabetes, jamu brotowali juga mampu mengobati hipertensi. Nah bagi Anda yang memiliki penyakit kulit seperti gatal dan alergi, Anda juga bisa menyembuhkan penyakit tersebut dengan rutin mengonsumsi jamu brotowali.

  1. Jamu Uyup-uyup

Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi jamu uyup-uyup secara rutin. Hal ini karena jamu uyup-uyup yang terbuat dari kencur, jahe, lengkuas, daun katuk, kunyit, cabe puyang, temugiring, dan bangle ini mampu melancarkan produksi ASI. Seperti yang kita ketahui bahwa masalah umum yang terjadi pada masa menyusui yaitu produksi ASI yang kurang sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan bayi. Oleh karena itu, untuk menunjang pertumbuhan bayi, maka ibu menyusui sebaiknya rutin meminum jamu uyup-uyup agar ASI berlimpah.

  1. Jamu Galian Singset

Sesuai dengan namanya, jamu ini memang dikenal untuk melangsingkan tubuh. Jamu ini terbuat dari berbagai bahan alami seperti kencur, jahe, dan temu kunci. Bukan hanya membuat tubuh langsing, jamu galian singset ini juga disukai para wanita yang sudah menikah karena menjadikan organ intim lebih wangi dan mengatasi keputihan. Bahkan jamu ini juga mampu membuat badan menjadi wangi dan mencegah jerawat. Dengan segala khasiatnya ini, jamu ini sangat cocok dikonsumsi oleh para wanita.

Jajanan Tradisional untuk Tamasya

Hari ini mimin berencana untuk bertamasya berkeliling-keliling kota hendak melihat-lihat keramaian yang ada. Jadi nyanyi. Well, dari lagunya, mimin kelihatan akan berkeliling kota sore ini. Bukan bareng keluarga gengs, tapi bareng teman-teman, jadi kita mesti bawa sendiri makanannya dan dimakan bareng-bareng di tempat tamasya nanti. Nah, berhubung banyak dari kawan-kawan mimin yang udah bawa makanan asin dan berat, mimin ingin buat makanan manis aja boleh buat dessert buat camilan aja. Ada tiga resep legend yang selalu mimin bawa ke mana-ke mana, yaitu kue lumpur, kue serabi, dan kue cubit. Mudah sih menemukan jajanan tradisional ini di pasar atau toko-toko kue modern. Tapi, karena hari ini spesial, mimin akan buat sendiri dengan tangan dan usaha mimin sendiri. Untuk readers yang penasaran, langsung singsingkan lengan dan siapkan apron membuat kue haha!

Kue ini biasanya cocok banget dimakan pas sarapan atau tea time sore-sore. Berhubung kali ini akan dibawa bertamasya, jadi mimin akan buat porsi jumbo dan banyak ya readers. Langsung cek aja di bawah.

  1. Kue Lumpur

Kue yang satu ini lagi sering banget mimin share di mana-mana. Bukan karena mimin sedang banyak membuatnya loh ya. Hanya ingin memperkenalkan bahwa kue enak yang satu ini walaupun bukan berasal dari Indonesia. Tapi, setelah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia ternyata sangat disukai. Untuk membuatnya, siapkan kentang, terigu, vanili, gula putih, margarin, telur, dan topping-nya. Boleh menggunakan resep klasik, yaitu kismis atau bisa juga meses dan potongan buah lainnya. Pertama, rebus dan hancurkan kentang. Selanjutnya, lelehkan margarin dan kocok bersama dengan gula dan telur. Aduk semua bahan kecuali topping dan masukkan ke cetakan hingga setengah matang. Setelah itu, tambahkan topping dan tutup kemudian tunggu hingga kue benar-benar matang.

  1. Kue Cubit

Pinch cake atau kue cubit ini cukup terkenal lo rupanya. Ada salah satu channel favorit mimin namanya Hiho Kids  yang bahas tentang kue ini. Padahal, basis channel itu bukan dari Indonesia. Ya senang aja gitu liat ekspresi anak-anak nyoba berbagai jenis makanan dan minuman. Siapkan telur, tepung terigu, gula pasir, vanili, soda kue, margarin, baking powder, dan tidak lupa topping-nya. Pertama, lelehkan margarin, kemudian tambahkan bahan lainnya, kemudian kocok hingga rata. Jangan dulu masukan topping-nya sekarang ya readers karena akan dibawa untuk sore. Jadi, mimin harus membuatnya matang sempurna enggak pake leleh-lelehan, khawatir mengubah bentuknya jadi aneh readers hehe. Kalau sudah matang sempurna tinggal angkat deh.

  1. Kue Serabi

Kue serabi yang akan mimin buat sekarang ada kue serabi manis. Kalau biasanya ada serabi manis dan asin, kali ini akan mimin buat serabi manis. Untuk membuat kue ini pun tidak sulit kok readers. Campurkan bahan-bahan dasar adonan seperti gula, santan, garam, tepung beras, dan tepung terigu. Kalau suka warna klasik, jangan gunakan pewarna makanan ya. Kalau suka mewarnai kue ini dengan warna-warna cantik, bisa tambahkan pewarna alami seperti warna hijau dan merah muda. Setelah adonan tercampur rata, tinggal masukkan ke dalam cetakan serabi, kemudian tunggu hingga matang. Jangan lupa menyiapkan bumbu ginca supaya serabinya tambah manis ya readers.

Okay, mimin siap untuk pergi bertamasya dengan kue-kue manis buatan mimin. Semoga hari ini lancar dan tidak hujan ya readers. Happy cooking and don’t afraid to try.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/food/ini-dia-resep-kue-lumpur-camilan-praktis-yang-cuma-butuh-8-bahan-membuatnya-23983

Gambar oleh Catatanefi, Tara’s Multicultural Table, sportourism.id, blibli.com

3 Resep Makanan Khas Bandung, Pilih dan Coba Sendiri

Bicara soal Bandung, rasanya tak lengkap jika tak membicarakan kuliner khasnya yang selalu istimewa itu. Bagaimanapun, selain terkenal dengan pariwisatanya yang terus berkembang, Bandung juga terkenal dengan berbagai masakan khasnya, mulai dari masakan untuk makan berat hingga sekadar camilan yang ramai dijual di jalan-jalan. Sebut saja cimol. Cara membuat cimol mulanya juga ditemukan di Bandung, lho! Nah, kamu yang ingin membuat cimol, klik tautan berikut dan temukan resepnya: https://review.bukalapak.com/food/resep-cimol-satu-ini-gurih-dan-enaknya-pasti-bikin-ketagihan-26308.

Tentu, selain cimol, Bandung masih menyimpan banyak makanan khas lainnya. Buat kamu yang penasaran, yuk simak 4 resep makanan khas Bandung berikut ini. Jangan lupa juga untuk praktik membuatnya sendiri, ya.

1. Batagor Bandung

Bahan. Siapkan 150 gram tepung tapioka, 100 gram tepung terigu, 2 siung bawang putih untuk dihaluskan, garam dan merica bubuk secukupnya, 1 butir telur, 5 potong tahu, serta ½ sendok teh soda kue.

Cara Membuat. Pertama, hancurkan tahu, namun jangan terlalu halus. Jika sudah, campurkan dengan tepung terigu, telur, tepung tapioka, garam, bawang, dan merica. Aduk semuanya hingga rata. Selanjutnya, larutkan bubuk soda kue menggunakan air, lalu masukkan ke dalam campuran tadi. Aduk rata, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, ambil setengah sendok makan adonan, goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Sajikan batagor yang telah digoreng bersama saus sambal, kecap, jeruk limo, dan tentu saja kacang tumbuk.

2. Seblak Khas Bandung

Bahan. Siapkan 50 gram kerupuk kanji mentah, 1 butir telur ayam, 1 batang seledri dan irisan daun bawang, garam dan penyedap rasa secukupnya, 1 sdm kecap manis, 3 buah cabai rawit, 2 buah bawang merah dan 1 siung bawang putih, serta 2 ruas jari kencur.

Cara Membuat. Rendam kerupuk kanji dalam air panas sampai mengembang, tiriskan, beri sedikit minyak goreng agar masing-masing kerupuk tidak saling menempel dan lengket. Ulek halus cabai, bawang merah, bawang putih, serta kencur. Tumis hasil ulekan, tambahkan irisan daun bawang dan seledri, kemudian aduk hingga rata. Masukkan kerupuk ke dalamnya, aduk kembali. Tambahkan telur yang telah dikocok, aduk seperti halnya sedang membuat telur orak-arik. Tambahkan sedikit air, garam, serta penyedap rasa. Aduk rata, kemudian tunggu hingga air dalam wajan hampir habis. Jika sudah, tuang seblak pada piring saji. Nikmati bersama taburan bawang goreng di atasnya.

3. Soto Bandung

Bahan. Siapkan ½ kg daging sapi, 2 liter air, 2 batang serai dan 2 cm jahe yang dimemarkan, ½ sdm garam, 1 blok kaldu sapi, 1 sdt gula pasir, serta 2 sdm minyak untuk menumis. Untuk membuat bumbu halus, siapkan 7 buah bawang merah, 3 hingga 4 siung bawang putih, dan 1 sdt merica bubuk.

Bahan Pelengkap. Siapkan irisan lobak rebus, irisan seledri, kacang kedelai goreng, bawang goreng, serta jeruk nipis dan kecap manis secukupnya.

Cara Membuat. Rebuslah daging dengan air di atas api kecil hingga matang. Angkat, kemudian potong dadu. Saring kaldunya, tambahkan air, kemudian rebus kembali hingga mendidih. Selanjutnya, panaskan minyak dan tumis bumbu halus, serai, lengkuas, serta jahe. Tuangkan tumis bumbu ke dalam rebusan daging. Masak daging hingga empuk. Masukkan garam, kaldu sapi, serta gula pasir. Aduk hingga rata. Setelah matang, sajikan kuah dengan pahan pelengkap. Sempurnakan sajian dengan sambal ekstra pedas supaya makin mantap.

Sumber gambar: TempatNongkrongAsik, Pakejmurahlawatanbandung, KatalogKuliner

Resep Minuman Segar Semancanegara

Walaupun ini akhir tahun, tapi Indonesia tidak mengenal musim dingin ya gengs. Hanya ada musim panas dan hujan xixi. Jika biasanya pada daerah-daerah empat musim mereka memiliki musim dingin, di mana waktunya untuk minum sajian-sajian panas. Berbeda dengan Indonesia yang tidak memiliki musim salju sehingga kapan pun adalah waktu yang tepat untuk makan dessert segar khas Indonesia. Jika kita mulai mengenal ada dessert dengan nama bingsu dari Korea, ternyata Indonesia memiliki lebih banyak dessert dengan es serut yang tidak kalah enak dan segar. Selain es tradisional, ternyata resep dessert di Indonesia berkembang sangat pesat loh. Rata-rata dessert khas Indonesia laku keras ketika bulan Ramadan tiba. Salah satunya adalah es campur. Dengan keadaan puasa sehari penuh dan daerah tropis Indonesia yang memiliki suhu cukup panas membuat waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk minuman dan makanan dingin.

Boleh dibilang, es campur merupakan resep yang lebih modern dari menu-menu dessert lainnya. Ingin tahu resep dessert Indonesia apa saja yang bertebaran di seluruh Indonesia? Yuk, langsung kita cek aja es di bawah ini.

  1. Es Pisang Ijo

Kalau ini sih sis sudah tersebar ke mana-mana ya. Dari daerah asalnya di Makassar, rupanya es ini juga diminati masyarakat Indonsia lainnya di berbagai daerah. Minuman asal Makassar ini sangat khas karena memiliki warna hijau dengan kuning pisang di dalamnya. Selain itu, untuk menyajikan es ini, biasanya dihidangkan dengan bubur sumsum dan disiram dengan sirup merah kokopandan. Ada juga beberapa pedagang yang menambahkan kacang yang sudah ditumbuk kasar sehingga menambah rasa gurih dan tekstur pada dessert yang satu ini.

  1. Es Oyen

Es oyen sebenarnya kembaran dari es campur. Hanya saja, es oyen menggunakan jenis buah-buahan yang lebih sedikit. Jika pada es campur kita bisa menemukan buah mulai dari apel hingga buah naga. Pada es oyen ini hanya ada avokad dan kelapa muda saja. Untuk menyajikan es oyen ini biasanya terdiri dari es batu, pacar cina, cincau, avokad dan kelapa muda tak lupa ditambah susu kental manis untuk menambah rasa. Wah, baru membayangkannya saja sudah segar ya readers.

  1. Es Gempol Pleret

Dari namanya sudah kita ketahui bahwa dessert yang satu ini berasal dari Jawa Tengah. Namanya pun menjadi identitas bagaimana proses pembuatan dessert yang satu ini. Es gempol pleret adalah jenis minuman yang dibuat dari serutan es dengan kuah santan dan siraman sirup manis. Biasanya, warna kuah dari gempol pleret ini adalah kuning, merah muda, dan hijau. Gempol pleretnya sendiri terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan air. Proses pembuatannya adalah digempol atau dibulatkan. Kemudian, dipleret atau dipipihkan.

  1. Es Laksamana Mengamuk

Wah, dari namanya sudah memberikan kesan galak ya readers. Tapi tidak segalak namanya, es yang satu ini sangat nikmat dan manis loh rasanya. Es ini berasal dari daerah Riau. Konon, es ini merupakan inovasi dari kejadian mengamuknya seorang laksamana yang mengetahui istrinya berselingkuh dengan pemilik kebun mangga kweni. Saking marahnya, kebun mangga kweni itu sampai menjatuhkan begitu banyak buah mangga yang kemudian diambil oleh masyarakat. Es ini terbuat dari es serut yang diberi santan dan air gula dengan irisan buah kelapa dan mangga kweni kemudian ditambah dengan selasih.

Beragam ya rupanya resep minuman segar asal Indonesia yang cocok banget untuk dessert. Selain menyegarkan, jangan lupa coba sendiri untuk membuat jenis-jenis es tersebut untuk keluarga. Happy eating!

https://review.bukalapak.com/food/resep-es-campur-segar-ini-pas-diseruput-di-tengah-hari-43456

Gambar oleh: nesia.id, apasihweb.id, eastjavatraveler.id, girlisme.com, resecaramemasak.info

Resep Bumbu Rujak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sebagai orang Indonesia, mengenal berbagai jenis masakan Nusantara adalah sebuah keharusan. Jika di luar negeri kita mengenal makanan pencuci mulut dengan sebutan salad, maka di Indonesia, kita juga mempunyai rujak seperti rujak kangkung yang merupakan makanan asli khas Nusantara. Rujak terdiri dari berbagai macam buah-buahan atau bahkan sayur-sayuran yang diracik menjadi satu kesatuan.

Ada dua jenis rujak yang kita kenal di masyarakat, yaitu rujak tumbuk dan rujak serut. Dua-duanya memiliki bahan-bahan yang sama, tetapi hanya berbeda dalam cara pengolahannya.

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/makan-sayur-enak-dengan-resep-rujak-kangkung-siap-dalam-20-menit-saja-46530

Satu hal yang paling penting dalam sebuah rujak adalah keberadaan sambal rujak. Sambal rujak memiliki peran penting dalam menentukan rasa sebuah rujak tersebut. Resep bumbu rujak terbuat dari campuran gula aren, cabai, asam jawa, dan juga kacang tanah. Namun, di setiap daerah, rujak memiliki ciri khas masing-masing. Ada sambal yang mengandung kacang tanah, ada pula yang tidak.

Bumbu rujak yang kita kenal juga memiliki berbagai rasa khas dan unik sesuai dengan karakter rujak yang disajikan.

Bisa jadi seseorang yang membuat rujak memiliki resep khusus seperti bahan-bahan yang dicampur pada saat menumbuk. Untuk membuat sambal rujak, ada pula campuran buah-buahan yang langsung ditumbuk untuk menjadi sambal rujak. Tidak hanya pedas, tetapi terdapat karakter asam dan manis.

Berbicara tentang bumbu rujak, tentunya tidak lengkap jika hanya membicarakan tentang sensasi rasa pedas manis ataupun gurih. Namun, tahukah Anda? Bumbu rujak ternyata memiliki khasiat tersendiri buat tubuh. Manfaatnya pun cukup banyak. Ingin tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam bumbu rujak? Mari kita simak.

1. Menghangatkan Tubuh

Disadari atau tidak, mengonsumsi rujak buah dengan bumbu rujak yang sedikit pedas rupanya memberikan efek hangat pada tubuh. Hal ini tidak lain karena kandungan cabai pada bumbu rujak mampu menghasilkan rasa pedas sehingga seorang yang memakan bumbu rujak akan merasakan sensasi pedas hingga akhirnya menghangatkan tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Rasa pedas pada bumbu rujak, selain memberikan rasa hangat pada tubuh ternyata juga bisa melancarkan pencernaan. Hal ini karena ada kandungan rujak dan bumbu rujak terdapat buah-buahan yang memiliki serat yang cukup tinggi. Selain itu, cabai pada bumbu rujak memiliki sifat asam yang mampu menetralkan sisa-sisa metabolisme tubuh yang disimpan dalam usus besar.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan berbagai macam sumber makanan nabati pada bumbu rujak ternyata mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. Contohnya adalah kandungan kacang tanah pada bumbu rujak. Sebagaimana kita tahu, mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang tepat dan dikonsumsi secara rutin mampu menangkal berbagai penyakit pada jantung.

Selain itu, kacang tanah juga mampu mereduksi kolesterol dalam tubuh kita. Semua tahu kolesterol merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit pada jantung, karena kolesterol akan menutupi peredaran darah sehingga kerja jantung menjadi semakin berat dan pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan serius pada jantung. Tidak mau bukan hal itu terjadi?

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Bila Anda kekurangan serat, maka akan ada banyak penyakit yang hinggap di tubuh Anda. Mulai dari penyakit pencernaan, sampai penyakit kulit. Jadi, bila Anda tak menyukai buah-buahan plain, Anda bisa mengonsumsi rujak.

Nah, ada banyak sekali bukan, manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi rujak? Selain itu, rujak juga memiliki harga yang terjangkau. Dikonsumsi setiap hari pun tak masalah, asal cabainya tak terlalu banyak.

 

Sumber gambar: img-global.cpcdn.com

Cobain Yuk Resep Sarapan Praktis Nasi Uduk

 

Apa sih yang terlintas di benakmu saat mendengar kata resep nasi uduk? Makanan yang gurih, nikmat dan lezat, bukan? Ya, nasi uduk adalah makanan dengan bahan dasar dari nasi putih yang diaron lalu dikukus bersama air santan kental dan aneka macam rempah.

Nasi uduk sendiri bukanlah makanan langka yang susah ditemukan. Anda akan dengan mudah menjumpai nasi uduk di warung makan dengan harga yang sangat terjangkau. Bagaimana tidak? Dengan uang 5 ribu rupiah saja sudah mendapat nasi uduk lengkap dengan serba–serbi lauknya. Murah sekali ‘kan?

Apakah Anda tahu? Makanan ini sering disalahartikan oleh orang Jawa bahwa nasi uduk dan nasi kuning adalah sama lho. Pasalnya, keduanya memang memiliki cita rasa yang sama. Nah, di manakah letak perbedaannya? Kalau kita teliti, selain warnanya yang berbeda, mereka juga disajikan di momen yang berbeda. Nasi kuning sendiri seperti namanya memiliki warna kuning, sebab selain dengan santan dan rempah–rempah, ia juga diaron dan dikukus bersama kunir. Nasi kuning biasa disajikan dalam bentuk tumpeng untuk perayaan–perayaan hari besar atau untuk syukuran, sedangkan nasi uduk warnanya putih. Sekilas ia terlihat sama dengan nasi putih biasa. Nasi uduk sendiri sering disajikan untuk santapan sehari–hari. Bagaimana, sudah tahu perbedaannya ya?

 

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/nasi-uduk-rice-cooker-ini-siap-santap-dalam-30-menit-10923

Nasi uduk memang sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Selain karena kekhasannya sebagai makanan lokal populer, nasi uduk juga dipercaya memiliki banyak manfaat. Bagaimana tidak? Terdapat berbagai kandungan seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Waah banyak sekali ya. Eits, namun jangan salah ya. Sesuatu yang berlebih itu tidak baik. Konsumsilah makanan yang menyehatkan dengan porsi seimbang. Nasi uduk akan berubah menjadi berbahaya untuk Anda jika Anda mengonsumsinya dengan segala macam gorengan apalagi di pagi hari alias untuk sarapan. Buatlah siklus menu makanan yang berbeda setiap minggunya seperti yang dianjurkan oleh ahli gizi selama ini.

Nasi uduk yang enak dan gurih ini, sepertinya memang perlu kita pelajari perihal cara memasaknya. Meskipun akan lebih mudah beli saja, apalagi dengan harga yang terjangkau, akan lebih spesial jika yang disajikan untuk keluarga adalah masakan Anda sendiri. Resep sarapan praktis  menu nasi uduk tidak susah kok. Simak langkah mudahnya berikut ini ya.

Bahan–bahan yang dibutuhkan:

  • 2 cangkir beras
  • Air santan secukupnya (kalau bisa dari kelapa asli)
  • 1 batang serai yang digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • Sedikit lengkuas
  • Garam sesuai selera
  • Penyedap rasa
  • 5 butir bawang merah

Langkah–langkah mengolah bahan:

  • Cuci beras hingga bersih, lalu rendam di dalam air hingga kurang lebih 2 jam.
  • Panaskan minyak, goreng bawang hingga kekuningan, lalu angkat (jangan lupa matikan apinya).
  • Tiriskan beras yang direndam tadi.
  • Masak santan hingga mendidih, tambahkan garam, lengkuas, daun salam, dan bawang merah.
  • Masukkan beras ke dalam santan sampai santan menyusut alias merasuk ke dalam beras. Setelah itu, matikan api.
  • Ketika sudah agak dingin, masukkan bawang goreng dan 1 sendok makan minyak goreng bekas untuk menggoreng bawang tadi.
  • Aduk hingga merata.
  • Panaskan alat pengukus. Masukkan aron nasi uduk, lalu kukus sampai matang kira–kira 20–25 menit.
  • Setelah itu, nasi uduk sudah bisa disajikan.

Nah, itulah cara membuat nasi uduk. Mudah, bukan? Selamat mencoba untuk hidangan keluarga tercinta ya. Tentunya mereka akan jatuh cinta dengan masakanmu yang satu ini.

Nasi Bakar Teri: Menu Nasi Box Terbaik untuk Bekal Anda

Perkembangan pesat di segala bidang dapat membuat segala hal menjadi mudah. Berbelanja, bayar listrik, transfer uang, bahkan sampai pesan makanan pun jadi sangat gampang. Bagaimana tidak? Saat Anda malas keluar rumah karena hujan atau karena sangat lelah namun perut lapar, delivery order makanan adalah solusi yang paling pas. Mengingat banyak juga sekarang jasa pengantar makanan yang sanggup mengantar makanan saat hujan sekali pun. Lalu, makanan apa ya yang enak disantap saat cuaca dingin seperti ini? Hmmm, sepertinya nasi bakar teri juga tidak buruk. Mengingat rasanya yang nikmatnya tidak setengah–setengah, membuat air liur menetes terus menerus, bukan? hehe.

Ya, nasi yang dibumbui dengan aneka rempah–rempah serta bumbu–bumbu lain dengan wadah dari daun pisang yang disematkan lidi di pinggir–pinggirnya sebagai pengaman ini diolah dengan cara dipanggang di atas api arang alias dibakar lho. Rasanya yang gurih dan aromanya yang khas bakaran nasi di dalam daun pisang inilah yang membuat makanan ini digemari hampir seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi varian dari isi nasi bakar ini sangat ragam seperti ikan peda, daging ayam, ikan asin, ikan teri, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda sudah pernah mencoba menu nasi box nasi bakar berbagai isi?
Perihal penggemar, nasi bakar tidak hanya menjadi favorit orang dewasa saja lho. Tidak sedikit pula anak–anak yang suka makanan ini karena bentuk sajiannya yang unik dengan rasa yang enak. Jadi, sangat cocok tentunya untuk Anda yang memiliki buah hati susah makan. Nasi bakar bisa menjadi salah satu pilihan. Nah, kali ini kami akan fokus pada nasi bakar isi teri nih. Kenapa? Soalnya varian isi yang satu ini adalah paling banyak penggemarnya.

Apakah Anda adalah salah satunya?
Sebenarnya, nasi bakar teri bisa dibeli dengan harga yang relatif murah, namun tidak ada salahnya bukan jika Anda mencoba membuat nasi bakar teri sendiri di rumah? Nah, yuk dicoba! Selain bisa dikonsumsi untuk sarapan, nasi bakar ini juga bisa dibawa sebagai bekal anak dan suami, lho.

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/nasi-bakar-teri-gurih-and-sedap-ini-siap-dilahap-dalam-1-jam-11019

Soal masakan, sebagai ibu, Anda adalah pemegang kuasa di dapur rumah. Oleh karena itu, untuk membuat nasi bakar teri ini, coba deh ikuti langkah–langkah dari kami.

Pertama, coba siapkan beras kurang lebih 3 mug ya. Siapkan juga santan kelapa kurang lebih 25 gram, 4 mug air, 100 gram ikan teri, 1 ikat kemangi, 3 helai daun salam, 2 ruas sereh, potongan lidi atau tusuk gigi, daun pisang sebagai pembungkus, garam secukupnya, dan bumbu halus, yaitu 4 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih.
Kedua, mulailah mengolah dengan cara tumis bumbu halus terlebih dahulu, tunggu sampai keluar aroma wangi.

Lalu, masukkan beras, santan, dan garam. Tumis sebentar. Masukkan adonan beras tadi ke dalam rice cooker, tambahkan air dan tekan tombol memasak, tunggu sampai matang. Sambil menunggu beras matang, cucilah ikan teri sampai bersih lalu goreng hingga matang.

Selanjutnya, campurkan nasi dan ikan teri, bungkus dengan daun pisang, beri sematan lidi di pinggirnya sebagai pengaman. Panggang dengan teflon dengan api kecil, tunggu daun pisang sampai agak gosong. Setelah semua proses telah dilakukan, sajikan nasi bakar teri dengan hiasan aneka macam sayuran atau telur dadar, buatlah semenarik mungkin.

Nah, itulah resep dan langkah–langkah membuat nasi bakar teri sendiri di rumah. Semoga bermanfaat! Selamat mencoba ya.