Categories
Blog

Cara Memutihkan Gigi Untuk Senyum Lebih Menawan

Memiliki gigi yang putih bersih adalah impian setiap orang. Biasanya, orang akan lebih percaya diri saat tersenyum atau beinteraksi dengan orang lain ketika memiliki gigi yang putih. Sayangnya, banyak orang yang kurang menyadari pentingnya perawatan gigi. Hal ini dapat berakibat timbulnya beberapa masalah kesehatan gigi, antara lain gigi sensitif, gigi berlubang, gangguan saat mengunyah, dan juga perubahan warna gigi. Perubahan warna gigi dapat terjadi akibat adanya karang gigi sehingga seseorang perlu mekakukan beberapa cara memutihkan gigi agar warna gigi putih alaminya kembali.

 

 

Ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami. Cara ini patut dicoba sebelum melakukan perawatan gigi yang mahal. Selain harga yang lebih terjangkau, cara memutihkan gigi secara alami berikut  dapat membuat lebih sehat. Setidaknya, ada dua hal yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi, yaitu:

 

  1. Mengonsumsi buah apel, strawberry, dan jeruk.

Ketiga buah ini adalah buah yang baik untuk menyehatkan gigi Anda. Pertama, mengonsumsi buah apel yang merupakan buah yang dapat meningkatkan sekresi air liur sehingga dapat membunuh bakteri jahat yang ada di mulut. Selain itu, terdapat kandungan asam malat pada apel yang dapat digunakan untuk bahan memutihkan gigi. Kedua, mengonsumsi buah semangka yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Lalu, mengonsumsi buah nanas yang memiliki kandungan yang dapat menjadikan gigi lebih putih dan sehat.

 

  1. Melakukan Perawatan Gigi Sehari-hari

Cara lain untuk membuat gigi putih dan sehat adalah dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yakni pagi saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Mengurangi konsumsi kafein dan rokok yang dapat menyebabkan gigi kuning serta menghindari makanan manis yang dapat menyebabkan gigi berlubang juga perlu dilakukan.

 

Selain 2 cara di atas, terdapat beberapa cara membuat gigi putih lainnya, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan di bawah ini:

 

  1. Cuka apel

CUka apel bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 sendok makan cuka apel dalam gelas berisi air dan oleskan dengan menggunakan cotton buds.

  1. Arang

Sifat alkali pada arang dapat mengikis dan menghilangkan noda kuning yang ada pada gigi. Caranya adalah dengan menyiapkan arang batok kelapa yang ditumpuk hingga halus. Lalu, campur bubuk arang tersebut dengan air parasan lemon sebanyak 1 sendok makan dan gunakan seperti pasta gigi.

 

  1. Siwak

Siwak adalah salah satu herbal yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, mencegah plak, dan memutihkan gigi. Caranya adalah dengan oleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi.

 

  1. Daun sirih

Daun sirih merupakan daun yang terbukti manjur untuk memutihkan gigi. Selain untuk memutihkan gigi, daun sirih juga dapat berfungsi sebagai penguat gigi, menghilangkan bau mulut, dan menghentikan perdarahan yang terjdi di gusi.

 

  1. Lemon

Lemon merupakan buah yang berfungsi sebagai alkali yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Selain itu, lemon efektif dapat mengusir bakteri yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

 

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan agar membuat gigi putih alami. Selain kesehatan gigi, Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh lainnya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati!