Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Mudah dan Anti Gagal

Lebaran sebentar lagi ~ Ketupat menjadi salah satu hidangan wajib yang disajikan saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri. Meski terlihat sederhana, cara membuat ketupat tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan keterampilan dan kesabaran untuk bisa membuat ketupat yang sempurna dan tanak. Cara membuat ketupat yang salah bisa menyebabkan ketupat yang dibuat cepat basi dan berlendir sehingga terbuang percuma.

Kesalahan ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya saja salah menghitung takaran bahan-bahan yang digunakan, salah langkah pembuatan, atau pun salah proses pemasakan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pilih anyaman ketupat yang segar

Jika Anda tidak cukup rajin untuk membuat anyaman ketupat sendiri yang berasal dari daun kelapa, Anda bisa membeli anyaman ketupat yang sudah jadi. Biasanya di pasar-pasar tersedia anyaman ketupat jenis ini. Anda jadi tidak perlu repot menganyam sendiri. Namun Anda harus memastikan anyaman ketupat yang Anda pilih warnanya masih hijau segar. Daun kelapa yang berwarna hijau segar berasal dari pohon kelapa yang masih muda sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah bocor dibandingkan dengan daun kelapa yang lebih tua.

  1. Pilih beras yang pulen

Pemilihan beras yang tepat adalah kunci utama mendapatkan hasil pembuatan ketupat yang lembut dan tidak keras ketika dimakan. Beras yang berkualitas dan pulen mampu dimasak menjadi ketupat yang enak dan lembut. Jangan gunakan beras impor yang berasal dari Thailand karena akan keras hasilnya. Jangan juga gunakan beras impor yang berasal dari Jepang atau Korea karena akan terlalu lembek ketika dimakan.

  1. Gunakan bumbu pelengkap

Agar ketupat yang dihasilkan lebih gurih, jangan lupa tambahkan bumbu pelengkap semisal garam, daun pandan, irisan bawang putih, atau lada. Anda tidak perlu membubuhkannya terlalu banyak.

Baca Juga:   Angkringan, Tempat Kuliner Yogyakarta yang Menjadi Favorit Para Wisatawan

  1. Jangan isi ketupat penuh

Saat memasukkan beras ke dalam anyaman ketupat, jangan mengisinya hingga penuh. Cukup setengah bagian saja karena pada proses pemasakan beras akan mengembang dan mengisi ruang yang kosong pada anyaman ketupat.

  1. Gunakan panci yang tepat

Gunakan panci stainless steel dengan ukuran yang lumayan besar agar bisa merendam ketupat secara keseluruhan. Hal ini memungkinkan ketupat matang dalam keadaan yang merata.

  1. Pastikan air cukup

Pastikan jumlah air yang digunakan cukup sehingga air tidak surut karena proses pemasakan yang membutuhkan waktu lama. Untuk mengantisipasi hal ini, cek kondisi air setiap 15 menit sekali, jika dirasa surut, tambahkan air hangat sampai ketupat kembali terendam seluruhnya.

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Mudah dan Anti Gagal

Bahan yang harus disiapkan:

  • Beras sesuai dengan jumlah yang diinginkan
  • Air matang
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan (3 helai)
  • Bungkus ketupat yang sudah jadi

Cara membuat ketupat:

  1. Cuci beras dengan air mengalir sebanyak tiga kali, lalu masukkan beras pada baskom berukuran sedang.
  2. Rendam beras dengan air bersih selama 10 sampai 15 menit.
  3. Taburkan garam atau bumbu penyedap secukupnya lalu aduk hingga rata, diamkan beberapa saat.
  4. Setelah garam atau bumbu penyedap meresap, buang air rendaman pada beras lalu dan tiriskan hingga tidak ada air tersisa.
  5. Setelah beras kering, masukkan ke dalam anyaman ketupat, isi setengahnya saja, jangan sampai penuh.
  6. Rebus air sampai setengah mendidih, lalu masukkan ketupat sampai benar-benar terendam bersama potongan daun pandan. Daun pandan akan memberikan rasa gurih dan menciptakan wangi yang mengundang selera!
  7. Masak dengan api sedang dan tunggu 4 sampai 5 jam.
  8. Angkat ketupat lalu celupkan ke dalam air dingin selama beberapa menit.
  9. Tiriskan dengan cara digantung.
  10. Ketupat siap dihidangkan bersama lauk lainnya.
Baca Juga:   Resep Olahan Tempe: Orek Basah dan Kering

Cara membuat ketupat lainnya bisa kamu baca di sini.