Berkreasi dengan Resep Mie Ayam Buatan Sendiri

Dapat dibilang, mie ayam bukan makanan asli Indonesia, melainkan berasal dari Tiongkok yang kemudian populer di Indonesia. Kepopuleran mie ayam sudah teruji dan tidak perlu dianalisis menggunakan metode akademis. Mie ayam dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran bintang lima. Harganya beragam, rasanya juga beraneka macam. Tentu saja mie ayam dapat dibuat sendiri di rumah, tanpa harus mencari si penjual dulu. Resep mie ayam bisa didapat dari berbagai situs atau bisa ditanyakan melalui wawancara dengan penjual yang biasa ditemui di dekat rumah.

Untuk itu, tulisan ini akan mengurai apa saja bahan yang diperlukan dalam membuat mie ayam. Dengan mengetahui resep membuat mie ayam, tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk menuntaskan lapar. Di sini juga akan dijelaskan tahap-tahap dalam membuat mie ayam. Bisa jadi, dengan membaca tulisan ini, kamu akan tertarik untuk bereksperimen menyajikan mie ayam untuk disantap sendiri atau bersama keluarga di rumah.

Silakan simak bahan-bahan resep mie ayam berikut ini.

Bahan untuk membuat minyak ayam.

  1. Lemak ayam (utamakan dari kulit).
  2. Dua siung bawang putih yang telah digeprek.

Sementara itu, untuk membuat kaldunya siapkan bahan berikut.

  1. Dua liter air.
  2. Setengah kilo tulang ayam.
  3. Setengah sendok teh garam.
  4. Setengah sendok teh lada bubuk.

Untuk bumbu ayam, siapkan.

  1. Tiga siung bawang putih.
  2. Lima siung bawang merah.
  3. Satu sendok teh ketumbar.
  4. Kunyit (secukupnya).
  5. Empat butir kemiri.

Berikut bahan-bahan untuk membuat mie ayam.

  1. Setengah kilo mie telur (siap olah).
  2. Seratus mili kaldu/minyak ayam.
  3. Seratus mili kecap asin.
  4. Tiga ratus gram daging ayam (sudah dicacak/disuir dan direbus).
  5. Tiga sendok makan kecap manis.
  6. Dua batang daun bawang (iris-iris kecil)
Baca Juga:   Jenis Kopi Indonesia, Salah Satunya Menjadi yang Termahal di Dunia

Setelah mengumpulkan bahan-bahan tersebut, mari kita mengetahui cara membuat mie ayam yang dilakukan melalui tahap-tahap berikut ini.

(1) Membuat minyak ayam: ambil kulit ayam plus lemak yang telah disiapkan, gunakan wajan untuk memanaskannya di atas api kecil, tambahkan dua siung bawang putih yang sudah digeprek, tunggu sampai minyak keluar dari kulit ayam.

(2) Membuat kaldu ayam: rebus dua liter air dan masukan tulang ayam ke dalamnya, kemudian tambahkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh lada bubuk ke dalam rebusan, tunggu olahan tersebut sampai mendidih.

(3) Membuat bumbu untuk ayam: haluskan seluruh bumbu yang telah disiapkan dan tumis sampai harum. Kemudian masukan ayam yang telah diiris/suir ke dalamnya, tunggu sampai menyerap dan tercium harum semerbak, jangan lupa tambahkan juga sedikit penyedap. Setelah selesai, angkatlah.

(4) Membuat mie ayam: masukan dua sendok makan minyak ayam yang telah diolah ke dalam mangkuk berbarengan dengan seperempat sendok teh penyedap rasa. Setelah itu, rebus mie ayam dan sawi hingga matang, tiriskan di dalam mangkuk, aduklah dengan bumbu sampai merata. Kemudian, tambahkan tumisan ayam yang telah diolah, letakan di atas mie. Terakhir, taburkanlah bawang goreng agar rasa lebih sedap.

Maka, selesai sudah kreasi resep mie ayam buatan sendiri. Jika masih kurang, tambahkanlah pangsit agar bisa “krauk-krauk”. Sangat praktis bukan? Bahan-bahannya mudah dijangkau, alatnya pun sudah biasa ada di rumah-rumah.

Tidak perlu lagi buka pintu mencari abang gerobak mie ayam keliling atau ke restoran. Selagi bisa dan memiliki ketertarikan untuk mencoba, tunggu apa lagi?