7 Rempah Penguat Sistem Imun Tubuh Pencegah Virus Corona

Sejak zaman dahulu kala, Indonesia begitu popular di mata dunia akan kekayaan rempah-rempahnya. Bahkan kayanya rempah penguat sistem imun tubuh ini lah yang membuat Indonesia harus dijajah oleh berbagai negara kolonial yang tidak memiliki rempah di negaranya. Mereka datang jauh-jauh dari Eropa demi bisa mendapatkan rempah-rempah Indonesia.

Khasiat dan manfaat dari rempah penguat sistem imun tubuh ini begitu tersohor hingga saat ini. Tidak heran jika masyarakat Indonesia mewarisi banyak ramuan yang mampu meningkatkan imunitas dan vitalitas tubuh. Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan atau bumbu masakan, rempah-rempah yang dimiliki Indonesia juga bisa diolah sebagai minuman atau jamu yang berfungsi mengobati berbagai penyakit tergantung pada jenis rempahnya.

Sampai saat ini sudah banyak penelitian yang membuktikan berbagai khasiat rempah Indonesia. Tidak jarang, kini obat-obat yang beredar di pasaran pun memasukkan rempah-rempah sebagai salah satu bahan atau komposisi di dalam obat yang diraciknya.

Jadi tidak salah jika di tengah pandemi yang melanda dunia, masyarakat Indonesia justru kembali melestarikan kearifan lokal dengan membuat ramuan rempah yang dipercaya bisa menangkal virus corona. Apa saja rempah yang memiliki khasiat meningkatkan imunitas tubuh dan mudah mengolahnya?

7 Rempah Penguat Sistem Imun Tubuh Pencegah Virus Corona

  1. Serai

Serai tidak hanya bisa membuat masakan menjadi lebih sedap, tetapi juga mampu menjaga imunitas tubuh. Serai dikenal memiliki antioksidan, vitamin c, dan kandungan flavonoid yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Serai mampu membuang racun dan bahan kimia berbahaya yang ada di dalam tubuh, menurunkan asam urat, serta meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang atau rempah yang digunakan sebagai pewarna alami kuning pada masakan. Kunyit memiliki zat aktif curcumin yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan. Kunyit dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kadar imunomodulasi tubuh. Bahkan kunyit disebut sebagai rempah anti kanker dan anti tumor.

  1. Jahe

Jahe telah dikenal luas sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe memiliki khasiat yang dapat mengurangi peradangan tenggorokan, sakit perut, dan mual. Kandungan gingerol di dalamnya, dapat menurunkan risiko infeksi.

  1. Kayu Manis

Selain bau dan rasanya yang sedap, kayu manis memiliki zat yang bersifat antibakteri dan antijamur. Konsumsi air rebusan kayu manis mampu menyembuhkan luka dengan lebih cepat dan mampu mencegah infeksi pada kulit yang terluka. Kayu manis dapat mencegah berbagai penyakit yang ditimbulkan bakteri salmonella, e.colli, dan staphylococcus. Kayu manis juga memiliki zat yang bisa berfungsi sebagai anti inflamasi.

  1. Meniran

Dalam berbagai jurnal disebutkan bahwa meniran memiliki sifat antimikroba yang sering menyebabkan gangguan saluran cerna, seperti tukak lambung dan mual. Tanaman ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas.

  1. Cengkeh

Cengkeh yang dikenal sebagai bahan campuran rokok ternyata memiliki segudang manfaat. Cengkeh dapat merangsang sekresi enzim pencernaan sehingga menjaga kesehatan pencernaan Anda, mengatasi iritasi lambung, mengurangi perut kembung, dan mencegah mual. Bagian kuncup bunga kering pada cengkeh mengandung zat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah putih.

  1. Kapulaga

Kapulaga dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat anti mikroba sehingga mampu melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur yang bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh. Kapulaga juga mengandung zat besi sebesar 68% sehingga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kapulaga juga dipercaya mampu membantu pemulihan tubuh pasca sakit.

Baca Juga:   Perawatan rambut Supaya Lebih Tebal

Informasi lainnya mengenai rempah-rempah bisa dibaca di sini.